Pengertian UMKM


 Hallo rekan umkm dan ukm Indonesia. Kali ini saya akan membuat sebuah artikel dengan judul Pengertian UMKM. 

Banyak rekan-rekan dilingkungan kita yang masih belum paham, apasih umkm itu? Dan apa tujuan pada UMKM ini.

Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah( UMKM) merupakan kelompok usaha yang mempunyai jumlah sangat besar. Tidak hanya itu, kelompok ini teruji tahan terhadap bermacam berbagai goncangan krisis ekonomi. Hingga telah jadi keharusan buat melaksanakan penguatan kelompok UMKM yang mengaitkan banyak kelompok. Kriteria usaha yang tercantum dalam UMKM sudah diatur dalam payung hukum bersumber pada undang- undang. 

Pengertian UMKM

UMKM merupakan usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha ataupun perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif cocok dengan kriteria yang diresmikan oleh Undang- Undang No 20 Tahun 2008. 

Perbandingan Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah( UMKM)?

Bersumber pada Undang- Undang No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil serta Menengah( UMKM) terdapat sebagian kriteria yang dipergunakan, ialah bagaikan berikut.

1. Usaha Mikro

Usaha produktif kepunyaan perseorangan maupun badan usaha perseorangan yang penuhi kriteria usaha mikro yang diatur dalam undang- undang.

2. Usaha Kecil

Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri serta dijalani oleh perseorangan maupun badan usaha  yang memenuhi kriteria usaha kecil yang diatur dalam undang- undang.

3. Usaha Menengah

Usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dijalani oleh perseorangan maupun badan usaha  ataupun cabang industri yang mbagian baik langsung ataupun tidak langsung dengan usaha kecil ataupun usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih ataupun hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam undang- undang.

Keunggulan Usaha Kecil, Mikro serta Menengah

Walaupun skala bisnis yang ditargetkan oleh bisnis UMKM tidak sebesar industri kelas kakap, banyak orang yang aman berbisnis dalam tingkat ini sebab keunggulan yang ditawarkan pada bisnis usaha mikro serta kecil menengah dan keunggulan tersebut susah didapatkan di tingkat bisnis raksasa.

Salah satu keunggulan yang utama merupakan kemudahan dalam mengadopsi inovasi dalam bisnis, paling utama dalam bidang teknologi. Adopsi teknologi terkini jadi lebih gampang dicoba buat tingkatkan perkembangan bisnis UMKM sebab tidak memiliki birokrasi yang berbelit serta sistem yang rumit.

Tidak hanya kemudahan aplikasi teknologi, keunggulan dalam aspek ikatan antar karyawan sebab lingkupnya lebih kecil, serta fleksibilitas buat membiasakan bisnis dengan keadaan pasar yang dinamis.

Pertumbuhan UMKM di Indonesia

Informasi yang dikumpulkan dari departemen koperasi serta UMKM merupakan bagaikan berikut:

  • 2009 sebanyak 52. 764. 750 unit dengan pangsa 99, 99%
  • 2010 sebanyak 54. 114. 821 unit dengan pangsa 100, 53%
  • 2011 sebanyak 55.206.444 unit dengan pangsa 99, 99%
  • 2012 sebanyak 56.534.592 unit dengan pangsa 99, 99%
  • 2013 sebanyak 57.895.721 unit dengan pangsa 99, 99%
  • 2014 sebanyak 57.895.721 unit dengan pangsa 99, 99%
  • 2015 sebanyak 59.262.772 unit dengan pangsa 99, 99%
  • 2016 sebanyak 61.651.177 unit dengan pangsa 99, 99%
  • 2017 sebanyak 62.922.617 unit dengan pangsa 99, 99%

Pada Tahun 2014- 2016 jumlah UMKM lebih dari 57. 900. 000 unit serta pada tahun 2017 jumlahnya diperkirakan tumbuh hingga lebih dari 59. 000. 000 unit. Serta pada Tahun 2016, Presiden RI melaporkan UMKM yang mempunyai daya tahan tinggi bakal sanggup buat menopang perekonomian negeri, apalagi dikala terjalin krisis global. Pada November 2016 Presiden Joko Widodo( Jokowi) menerima para pelaku bisnis ini di Istana Merdeka buat dimintai pendapatnya. Jokowi sangat berharap pelaku bisnis usaha kecil, mikro serta menengah jadi garda terdepan dalam membangun ekonomi rakyat.

UMKM sudah jadi tulang punggung perekonomian Indonesia serta ASEAN. Dekat 88, 8- 99, 9% wujud usaha di ASEAN merupakan wujud usaha mikro, kecil serta menengah dengan penyerapan tenaga kerja menggapai 51,7- 97,2%. Bisnis ini mempunyai proporsi sebesar 99, 99% dari total totalitas pelaku usaha di Indonesia ataupun sebanyak 56, 54 juta unit. Oleh sebab itu, menjalin kerjasama untuk pengembangan serta ketahanan bisnis usaha mikro, kecil serta menangah butuh diutamakan.

Pertumbuhan kemampuan UMKM di Indonesia tidak terlepas dari sokongan perbankan dalam penyaluran kredit kepada pelaku UMKM. Bagi informasi Bank Indonesia, tiap tahunnya kredit kepada UMKM mendapatkan perkembangan. Meski pada 2015, dekat 60%- 70% dari segala zona ini belum memiliki akses pembiayaan lewat perbankan.

Bank Indonesia sudah menghasilkan syarat yang mengharuskan kepada perbankan buat mengalokasikan kredit/ pembiayaan kepada UMKM mulai Tahun 2015 sebesar 5%, 2016 sebesar 10%, 2017 sebesar 15%, serta pada akhir Tahun 2018 sebesar 20%. Pada era globalisasi saat ini, seluruh orang wajib berlomba- lomba melaksanakan UMKM serta mencapai kesempatan bisnis. Sebab itu, dibutuhkan pengaturan keuangan bisnis yang baik buat mendukung keberlangsungannya.

Aspek Pertumbuhan UMKM di Indonesia

1. Pemanfaatan Fasilitas Teknologi, Data serta Komunikasi

Kemajuan UMKM disejalankan dengan pertumbuhan teknologi yang semakin tumbuh. Hasil riset melaporkan kalau salah satu kesuksesan bisnis merupakan penunjangan teknologi yang baik serta pas target. Pada tahun 2017, 8 juta unit usaha mikro. kecil serta menangah yang telah go digital. Angka ini diharapkan terus meningkat demi keberlangsungan serta kemajuan bisnis di Indonesia.

2. Kemudahan Pinjaman Modal

Pertumbuhan bisnis usaha mikro, kecil serta menengah di Indonesia tidak terlepas dari sokongan perbankan di Indonesia. Buat mendesak perkembangan UMKM, dibutuhkan keterbukaan akses pembiayaan dari perbankan serta alokasi kredit spesial buat UMKM.

3. Menyusutnya Tarif PPH Final

Penyusutan tarif PPh hendak berakibat baik untuk para owner bisnis usaha mikro, kecil serta menengah buat memudahkan pebisnis melaksanakan kewajiban perpajakan pada negeri serta pula membagikan peluang buat pertumbuhan usaha dan investasi sebab terdapatnya keringinan dari penyusutan tarif pajak.

Kamu bagaikan pelaku ataupun calon bisnis UMKM bisa membuat laporan keuangan lebih gampang dengan memakai aplikasi akuntansi.


Ihsan Rahmansyah Hello howdy, saya ihsan rahmansyah saya seorang blogger pemula yang sedang berusaha menggapai cita-cita dan saya member dari IDNblogger.

0 Response to "Pengertian UMKM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel